Oleh: Gregorius Satrio
Business Analyst, Specialized in People Development
SLC MARKETING, INC.

Dalam era Revolusi Industri 4.0 ini, teknologi seakan menguasai seluruh hidup manusia, mengambil alih hidup kita. Masa depan dalam konteks Revolusi Industri 4.0 terasa suram dan dystopia dimana robot menguasai dunia dan manusia hanyalah”budak” robot. Namun, pandangan tersebut dibantah oleh Pierre Nanterme dan Paul Daugherty melalui buku ini. Menurut mereka teknologi di era revolusi industry ini diciptakan bukan untuk mengambil alih peran manusia dalam segi apapun. Melainkan teknologi diciptakan dan dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar lebih efektif, efisien dan produkif.

Memang dalam prosesnya teknologi banyak mengubah dinamika kerja dengan cara yang tak terpikirkan dan manusia merasakan dampak langsungnya sebagai arus perubahan. Bagi sebagian orang, teknologi bukan lagi merupakan jawaban dari ‘bagaimana ini (teknologi) merubah hidup kita?’ pertanyaan itu benar, namun menurut penulis buku ini pertanyaan tersebut tidaklah lagi relevan. Pertanyaan yang seharusnya diajukan adalah ‘bagaimana hidup kita bisa merubah teknologi?’

Dalam buku ini dibahas beberapa paradigma dan kesalahpahaman yang sering muncul dalam konteks Revolusi Industri 4.0. selain itu dalam buku ini juga dibahas mengenai bagaimana kita (manusia & perusahaan) dapat menyesuaikan diri dan mengimbangi taraf perubahan yang cukup cepat dalam era ini. Buku ini dilengkapi dengan grafik dan table-tabel data yang cukup mudah untuk dibaca dan dipahami namun sangat relevan dengan konteks yang dibahas. Selain itu, desain yang “out-of-the-box” memberikan nuansa baru nan menarik kepada pembaca dalam membaca buku ini. Secara keseluruhan, patut dibaca untuk memperoleh sudut pandang yang tepat mengenai Revolusi Industri 4.0 serta bagaimana car menghadapinya dengan mantap.

Resensi disadur dari: Pierre Nanterme; Paul Daugherty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
WhatsApp chat
Share via
Copy link
Powered by Social Snap