Facebook Tag Pixel

Kenapa bisnis kekinian sifatnya cepat sukses, cepat tutup? Sebaliknya bisnis konvensional yang sudah puluhan tahun bisa lebih langgeng.

Kata “kekinian” melekat pada tren atau timing suatu hal yang saat ini sedang hype. Bukan didasarkan pada need / kebutuhan konsumen, melainkan pada taste / selera saja. Inilah salah satu penyebab tidak bisa langgengnya bisnis kekinian.

Bisnis harus dihitung finansial dan marketingnya secara jangka panjang. Tidak bisa hanya temporer atau sesaat saja. Di dalam bisnis, profit keuntungan harus digunakan untuk pengembangan ke depan, jangan dihabiskan untuk memberi Gimmick secara maksimal bagi konsumen di saat ini.

Bagaimana dengan bisnis kita? Kalau saat ini bisnis kita bergerak di bidang konvensional, maka lakukan efisiensi secara maksimal karena persaingan lebih ketat.

Kalau bisnis kita di bidang kekinian / creative industry / dll, jangan banyak berikan diskon ke konsumen, berikan tambahan service saja. Simpan profit untuk lakukan inovasi agar saat tren hype turun, kita sudah siap bikin produk yang baru.

Jangan lupa seringlah belajar dari mentor-mentor yang tepat di bidang industri Anda masing-masing. Belajar dari kegagalan mereka, sedemikian kita tidak mengulangi hal yang sama.

Semoga sharing ini bermanfaat.

DSW
Keep Stupid to Sail Forward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap