Facebook Tag Pixel

Brand Ambassador dapat Meningkatkan Penjualan? Brand Ambassador dapat meningkatkan citra perusahaan maupun brand dengan cara menarik hati serta kepercayaan pelanggan atau masyarakat terhadap produk. Dengan selalu melakukan kegiatan branding dan promosi yang positif akan membuat citra brand Anda semakin naik. Tanpa adanya trust atau kepercayaan, seseorang tidak akan melakukan sebuah pembelian. Pembelian itu dapat terjadi jika seseorang sudah percaya terhadap sebuah produk. Simak rangkuman dari kami, jangan lupa klik slidenya ya! Selamat membaca!

Dalam Melakukan Promosi Bisnis diperlukan Brand Ambassador yang tepat untuk dapat membangun citra perusahaan.

Brand Ambassador adalah orang yang disewa oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mewakili suatu merek secara positif dan dengan demikian membantu meningkatkan Brand Awereness dan penjualan merek. Brand Ambassador biasanya adalah seorang public figure yang cukup terkenal seperti pemain film, musisi, model, pemain sinetron, pembaca acara, atlet, atau bisa juga seorang politisi.

INFLUENCER

  • Durasi kerja sama hanya mempromosikan suatu produk atau jasa dalam jangka waktu yang singkat atau bahkan hanya sekali.
  • Cara promosi dengan memberikan ulasan berdasarkan sample produk yang mereka dapat.
  • Hubungan dengan brand tidak erat karena Mayoritas influencer belum pernah mencoba produk yang akan mereka promosikan. Jadi, mereka hanya menerima produk yang dikirim dari perusahaan untuk direview

CONTOH INFLUENCER

  1. Awkarin yang di endorse oleh Pop Ice dan mempromosikan brand tersebut melalui akun media sosial Instagramnya.
  2. Ria Ricis di endorse oleh Organic Kefir dan juga mempromosikan brand tersebut melalui Instagram

BRAND AMBASSADOR

  • Durasi kerja sama dengan brand dalam durasi yang panjang. Tak hanya hitungan hari atau bulan. Mereka bisa saja bekerja sama dalam waktu tahunan.
  • Cara promosi cenderung dengan metode word of mouth. Dengan kata lain, mereka memberi tahu orang-orang tentang brand tersebut.
  • Hubungan dengan brand tidak erat dan mereka memang menggunakan produk tersebut sehari-hari. Dan memang mengenal dan mencintai sungguh-sungguh produk yang mereka gunakan.

CONTOH BRAND AMBASSADOR

  1. MAUDY AYUNDA. Maudy Ayunda telah berhasil menjadi duta sekelas L’Oreal Paris. Di mana L’Oreal Paris menilai Maudy Ayunda adalah sosok perempuan yang berkarisma dan memiliki kepribadian yang kuat, sehingga mampu mewakili semangat legendaris dari L’Oreal Paris di seluruh dunia.
  2. PEVITA PEARCE. Pevita Pearce Ditunjuk oleh Maybelline New York untuk menjadi brand ambassador mereka di Indonesia. Brand makeup nomor 1 di dunia ini memiliki misi dalam menginspirasi perempuan muda di seluruh dunia untuk mewujudkan mimpinya melalui kepercayaan diri dan dengan menjadi diri mereka sendiri. Sehingga Pevita Pearce merupakan sosok perempuan muda berprestasi dan optimis yang mampu merepresentasikan nilai-nilai dari Maybelline New York.

Tujuan dan Manfaat

  • Mendapatkan Trust

Brand ambassador dapat meningkatkan citra perusahaan maupun brand dengan cara menarik hati serta kepercayaan pelanggan atau masyarakat terhadap produk. Dengan selalu melakukan kegiatan branding dan promosi yang positif akan membuat citra brand Anda semakin naik. Tanpa adanya trust atau kepercayaan, seseorang tidak akan melakukan sebuah pembelian. Pembelian itu dapat terjadi jika seseorang sudah percaya terhadap sebuah produk.

  • Menjaga Reputasi Brand Anda

Brand ambassador mampu menjaga reputasi brand Anda dengan melakukan kegiatan branding yang positif. Bahkan brand yang sedang mendapat citra kurang baik, secara perlahan bisa menjadi baik kembali apabila dipromosikan dengan konsisten oleh brand ambassador yang memiliki image positif dan disukai masyarakat.

  • Memberikan Review Positif untuk Produk Anda

Brand ambassador bermanfaat dapat memberikan review baik untuk produk Anda. Hal ini akan membuat pelanggan semakin mempercayai produk tersebut dan berdampak pada peningkatan penjualan. Pemakaian brand ambassador juga akan mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis dan mengembangkannya.

  • Mendekatkan Brand Anda pada Pelanggan

Brand Ambassador yang aktif mempromosikan brand Anda kepada pelanggan dapat mempererat brand Anda dengan pelanggan. Dan dengan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan seperti mendengarkan feedback dan testimoni yang diberikan kepada pelanggan terhadap produk Anda. Sehingga merekapun turut ikut mempromosikannya ke teman dan keluarga mereka. Brand ambassador juga dapat mengkomunikasikan sebuah produk dengan baik misalnya dia menyampaikan filosofi dan aspek sosial budaya yang ada pada brand tersebut.

 

TIPS MEMILIH BRAND AMBASSADOR

  • Memiliki Profesionalisme

Untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi semua orang yang terlibat, Brand Ambassador harus sangat profesional, berkomitmen sepenuh hati untuk tujuan dan kesepakatan, bersedia untuk dimasukkan ke dalam pekerjaan dan tahu bagaimana bermain dalam tim. Brand Ambassador yang dipilih harus memahami bahwa dengan representasi ada tanggung jawab. Pastikan untuk sepenuhnya memeriksa Brand Ambassador dengan mengonfirmasi bahwa tidak ada yang bermasalah atau bertentangan dengan nilai-nilai perusahaan di akun media sosial pribadi mereka. Pastikan mereka akan selalu mewakili perusahaan secara positif dengan mengomunikasikan duta besar.

  • Memiliki pengetahuan di bidang pemasaran

Mereka harus berpengalaman dalam pemasaran media sosial, mengetahui semua hal platform yang mereka pilih. Seperti menggunakan Instagram, misalnya, seharusnya tidak hanya mengetahui cara membuat postingan berkualitas tinggi, tetapi juga harus fasih dalam Instagram Stories dan IGTV. Mereka juga perlu memahami prinsip-prinsip dasar pemasaran, seperti bagaimana menunjukkan nilai produk dengan cara yang menciptakan dan memelihara prospek.

  • Aktif dan Selalu Terlibat

Mereka harus memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa audiens target mereka. Saat perusahaan mengevaluasi calon Brand Ambassador, ajukan pertanyaan strategis tentang basis pengikut mereka untuk mengetahui seberapa banyak yang mereka ketahui tentang audiens mereka. Selain itu Brand Ambassador juga harus dapat memberikan feedback yang berwawasan luas yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran.

KESIMPULAN

Kunci penjualan dan pertumbuhan perusahaan adalah dengan edukasi. Ini membantu membangun kepercayaan dan hubungan dengan target pasar sehingga pelanggan merasa lebih nyaman membeli dari perusahaan. Seperti contoh Cristiano Ronaldo sebagai Brand Ambassador Shopee sukses mendongkrak penjualan hingga tiga kali lipat dan video promosi menembus angka 35 juta penonton di YouTube. Dalam festival 9.9 Super Shopping Day, terdapat 187.606 produk yang terjual dalam satu menit.

Sehingga dengan menggunakan Brand Ambassador bisa meningkatkan penjualan anda secara signifikan karena dengan kehadiran yang kuat Brand Ambassador membantu perusahaan meningkatkan engangement, menarik perhatian konsumen, meningkatkan brand awareness, dan mempersuasi konsumen untuk memilih dan membeli brand produk yang diwakili.

Terimakasih sudah membaca whitepaper kami terkait “Brand Ambassador dapat Meningkatkan Penjualan?”. Masih banyak judul & kategori lain seputar dunia marketing yang bisa Anda akses di website kami https://slcmarketinginc.com/whitepaper/. Apabila ada pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami di http://wa.me/6287854234504

Sukses bersama SLC MARKETING, INC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap