Facebook Tag Pixel

Cara Membangun Personal Branding Lewat Social Media

Personal branding merupakan suatu konsep yang semakin populer di era digital saat ini. Dengan semakin banyaknya orang yang berpartisipasi dalam dunia online, maka semakin penting pula untuk membangun citra diri yang baik dan menarik di depan publik. Salah satu cara yang efektif untuk membangun personal branding adalah melalui media sosial. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang fenomena membangun personal branding lewat sosial media, dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya dengan baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Kita juga akan membahas beberapa tips dan strategi yang berguna untuk membangun personal branding secara efektif di media sosial.

FENOMENA

Arief Muhammad

Personal Branding ala Poconggg Arief Muhammad

Arief Muhammad adalah seorang content creator yang terkenal karena akun Twitter dengan nama Poconggg pada tahun 2009. Cuitan Arief Muhammad masa itu selalu trending di Indonesia. Segala pencapaian yang diraih Arief Muhammad bukan tanpa usaha.

Melalui video blognya, Arief Muhammad memanfaatkan sosmed sebagai wadah untuk melakukan personal branding dengan berbagai upaya hingga saat ini menjadi sosok yang ternama dan memiliki banyak penggemar. Dengan ini kita bisa melihat proses personal branding Arief Muhammad sebagai daily vlogger kepada khalayak dunia maya. Dan juga seringkali Arief Muhammad menulis caption pada postingan dengan sindiran yang biasa terjadi di masyarakat Indonesia, sehingga hal itulah membuat engagement sosmed Arief naik dan mempengaruhi bisnis Arief, yaitu seperti Baso Aci Akang maupun Prepp Studio dengan billboard yang sempat heboh.

Nex Carlos

Personal Branding ala Food Vlogger Nex Carlos

Nex Carlos adalah food vlogger YouTube dan bisa dibilang selalu trending apapun video yang diposting karena ia punya ciri khas beda dari yang lain. Apalagi tempat makanan yang di review Nex Carlos selalu ramai setelah diposting di YouTube, karena orang-orang percaya akan review Nex Carlos dan bisa dibilang memiliki taste yang sama. Sehingga dengan personal brandingnya yang suka makan dan mereview makanan, akhirnya Nex Carlos membuka restoran dengan sistem franchise yang bernama Ayam Gedebuk, dan respon masyarakat terbilang cukup baik.

PENGERTIAN

Bangun Personal Brand di Sosmed

Personal Branding adalah proses pembentukan persepsi masyarakat atau publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang yang meliputi kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam diri individu.

Jadi, praktik memasarkan orang dan karier mereka sebagai merek yang menjadi proses berkelanjutan untuk mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu, kelompok, atau organisasi.

Mengacu pada kasus Arief Muhammad yang mempunyai personal branding sebagai content creator vlogger dan juga suka menanggapi netizen dengan komentar yang lucu. Hal itu membuat personal branding yang ia bangun bisa meningkatkan engagement dari sosmed Arief Muhammad yang membuat audience menjadi betah dengan postingannya. Sehingga ketika dia membuka suatu usaha bisnis selalu diawali dengan marketing yang bagus yang menciptakan audience ingin mencoba membeli produk yang dijual oleh Arief sendiri dan bisa menjadi peluang kesuksesan bisnis yang dibuat Arief Muhammad, seperti Baso Aci Akang, Prepp Studio, Billionaires, dan masih banyak lagi.

Dan untuk kasus Nex Carlos mempunyai personal branding suka makan dan mempunyai badan yang gemuk sehingga cocok untuk review makanan karena sudah terkenal suka makan dan dari situ menjadi peluang Nex Carlos untuk membuka usaha FnB yang sekarang ini sudah mempunyai cabang di beberapa kota di Indonesia dan terbilang cukup rame.

TUJUAN

  • Sebagai Pembeda
    Jika kamu memiliki karakter tersendiri khas, maka orang-orang akan mudah mengingat tentang dirimu. Seperti dalam kasus Arief Muhammad yang terkenal suka menyindir orang dengan karakter yang lucu, sehingga membuat Arief Muhammad berbeda dengan yang lain dengan ciri khas karakter yang dia punya. Dan dari pembeda tersebut, tiap postingan yang diunggah oleh Arief selalu membuat netizen ingin mengomentari postingan dengan caption yang terbilang menyindir / lucu. Semakin kuat branding yang Anda perlihatkan, maka semakin melekat kuat dengan ciri khas perbedaan produk Anda dengan jenis brand merk lainnya. Tentu hal ini yang selalu membuat orang lain lebih penasaran untuk mencoba membeli produk Anda.
  • Sebagai Daya Tarik Promosi
    Tentunya jika kamu memiliki karakter tersendiri akan menjadi daya tarik promosi untuk misalnya naik jabatan maupun mendapatkan promosi lainnya. Dengan adanya branding yang menarik, maka target konsumen bisa lebih mengenal produk Anda dan akan membelinya. Untuk itulah branding harus menarik dan bisa menarik perhatian target konsumen. Berpacu pada kasus Nex Carlos yang bisa dibilang Nex Carlos mempunyai taste yang mewakiliki masyarakat indonesia secara luas, buktinya ketika Nex review makanan selalu ramai didatangi, jadi ketika dia membuka restoran pasti sudah sesuai taste masyarakat Indonesia sehingga menjadi daya tarik promosi juga ke restoran yang dibuka oleh Nex Carlos.

KRITERIA

personal branding style

Ada 4 kriteria yang dibutuhkan untuk membangun personal branding, yaitu:

  1. Gaya
    seperti gaya bicara, mendengar, menulis, berperilaku dan berpenampilan membentuk citra yang ingin dibangun. Seperti dalam kasus sebagai berikut:

    • Nex Carlos mempunyai penampilan yang cocok sekali dengan hal makanan dan juga mempunyai perilaku dan gaya bicara yang terbilang lucu serta enak dilihat ketika mereview makanan.
    • Arief Muhammad mempunyai gaya bicara yang halus tapi kadang-kadang menyindir dan juga cenderung memancing netizen untuk beragumentasi sehingga hal tersebut yang meningkatkan engagement sosmednya.
  2. Substansi
    dengan menentukan satu bidang yang akan menjadi keahlian Anda. Seperti dalam kasus sebagai berikut :

    • Nex Carlos mempunyai keahlian dalam mereview makanan dengan personal branding yang cocok dengan penampilan orang yang suka makan.
    • Arief Muhammad mempunyai keahlian dalam menginfluence audience nya dan juga marketing yang dilakukan Arief terhadap brand yang dipunyai terbilang bagus sekali dan selalu berhasil.
  3. Pendirian
    Dengan mengetahui bagaimana cara pandang orang terhadap diri kita. Seperti contoh ketika kalian melihat sosok publik figuran yang kalian sukai itu seperti apa. Seperti dalam kasus sebagai berikut :

    • Nex Carlos mempunyai cara pandang sebagai orang yang jago dalam mereview makanan dan juga tidak bohong untuk soal rasa setiap makanan yang direview.
    • Arief Muhammad mempunyai cara pandang sebagai orang yang suka pamer namun cara pamernya itu menyenangkan atau tidak membuat orang iri maupun tersindir.
  4. Decency
    dengan mengatur cara untuk berinteraksi dengan orang lain saat berbagi informasi atau konten, semakin sering publik figuran berinteraksi dengan audience, maka audience juga akan senang dan tidak bosan-bosan dengan publik figuran tersebut dan yang paling penting tetap dijaga tutur bahasanya dalam berinteraksi supaya audience juga respect dan menciptakan positive vibes di dalam circle yang dimiliki publik figur tersebut. Seperti dalam kasus sebagai berikut :

    • Nex Carlos, dia dalam mereview makanan selalu dengan becandaan namun becandaannya tahu batas dengan standard moral yang ada di Indonesia.
    • Arief Muhammad, meskipun dia suka pamer namun masih ada batas moral yang menjadi standar masyarakat Indonesia, sehingga tidak mengundang kebencian.

STRATEGI

  • Mengenali karakteristik kita terlebih dahulu.
  • Menentukan tujuan dari personal branding, jadi tanyakan pada diri kalian dulu, emang apa sih tujuan kalian bangun personal branding? Entah untuk membangun brand yang kalian buat atau sekedar kepentingan jabatan pekerjaan atau diri sendiri.
  • Menentukan siapa target audiens personal branding untuk memahami siapa mereka dan apa yang membuat mereka tergerak, jika Anda ingin personal brand Anda menjadi sukses. Ketika Anda berinteraksi dengan orang lain, pada dasarnya, apa yang Anda tawarkan kepada mereka adalah brand Anda.
  • Membangun dan memperluas jaringan karena networking sangat penting dalam membantumu untuk mengembangkan proses personal branding-mu. Sebagai contoh, kamu bisa datang ke acara-acara kantor ataupun seminar supaya dapat berkenalan dengan orang-orang di sekitar. Setiap orang yang kalian jumpai, bisa jadi akan
    menjadi orang penting dalam hidupmu di masa yang akan datang.

KESIMPULAN

Personal Branding adalah praktik memasarkan orang dan karier mereka sebagai merek yang menjadi proses berkelanjutan untuk mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu, kelompok, atau organisasi.

Dari informasi sebelumnya, kita bisa belajar bahwa hubungan antara karakteristik kita sendiri dengan personal branding berhubungan erat karena hal itulah yang akan menjadi pembeda kita. Dan yang paling terutama cara membangun personal branding dengan mengenali diri
kita sendiri dahulu sebelum menentukan tujuan kenapa sih kita ingin membangun personal branding.

Terimakasih sudah membaca whitepaper kami terkait “Cara Membangun Personal Branding lewat Social Media”. Masih banyak judul & kategori lain seputar dunia marketing yang bisa Anda akses di website kami https://slcmarketinginc.com/whitepaper/. Apabila ada pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami di https://wa.me/6287854234504

Sukses bersama SLC MARKETING, INC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap