Facebook Tag Pixel

Gempa di Turki dan Suriah yang baru terjadi minggu ini menelan lebih dari 20 ribu korban jiwa dan ratusan ribu korban luka lainnya. Para ahli Geologi bahkan mengatakan bahwa jenis gempa di Turki adalah yang paling mematikan dibanding jenis gempa lainnya.

Mengapa para ahli hanya bisa menjelaskan penyebabnya saat sudah kejadian? Bukankah mereka harusnya membuat peringatan dini agar masyarakat bisa antisipasi dan tidak timbulkan banyak korban jiwa?

Ilmu geologi yang termasuk cabang ilmu scientific dan punya banyak peralatan canggih saja tidak bisa diandalkan 100%, apalagi ilmu bisnis yang sifatnya social, dan sangat kompleks karena banyak peran manusia di dalamnya! Tidak bisa diprediksi, bahkan diantisipasi. Lantas bagaimana pebisnis harus bersikap?

Resesi 2023 yang digadang-gadang bakal terjadi, memang belum tentu terjadi 100%, namun setidaknya Pak Jokowi sudah memberi warning, dan kita sudah harus bersiap-siap! Perkara itu nanti dampaknya terjadi seberapa dahsyat terhadap bisnis kita, minimal kita sudah tahu sejak dini.

Jadi, jangan salahkan alam karena gempa terjadi, juga jangan salahkan negara mana karena resesi terjadi. Yang perlu disalahkan adalah kita sendiri, sudah tahu akan terjadi tapi kita santai saja dan tidak ada persiapan.

Keep Stupid to Sail Forward,
DSW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap