Facebook Tag Pixel

GREAT PRESENTATION

By Bagas Pranowo Handonowarih Business Analyst, Specialized in People Development SLC MARKETING, INC.

Presentasi adalah hal yang tidak pernah lepas dari kegiatan bisnis kita. Entah kita melakukannya secara formal, informal, kepada sedikit orang, atau banyak orang, sebagai pebisnis pastilah kita pernah melakukan presentasi. Apakah presentasi Anda selalu mengalami peningkatan setiap kali Anda selesai melakukannya? Dengan berlatih, keterampilan Anda akan menjadi semakin baik dan semakin baik lagi. Anda akan lebih mudah mempengaruhi lebih banyak orang melalui presentasi Anda. Selain berlatih, tidak ada salahnya jika kita juga berguru pada orang lain. Berguru tidak harus selalu bertatap muka, meskipun itu adalah cara yang paling umum, namun dapat juga dilakukan dengan membaca buku dari orang yang ingin kita jadikan guru kita.

Pada book review kali ini, topik utama kita adalah mengenai presentasi. Bukan hanya presentasi biasa, melainkan Great Presentation sebagaimana judul dari buku ini. Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan suatu presentasi yang hebat, menarik, dan mampu merebut hati audiens kita? Rupanya dalam buku ini dijelaskan bahwa ada tiga hal pokok yang perlu diperhatikan dalam membuat presentasi yang hebat, antara lain:

1. Great Content

Anda akan berhasil menyampaikan presentasi hebat Anda apabila bidang tersebut merupakan keahlian Anda. Jika Anda terus menggali informasi yang relevan, tepercaya, dan terkini, maka Anda akan menjadi ahli dalam bidang tersebut dan mampu menyampaikan presentasi dengan baik. Selain keahlian, hal yang mutlak ada adalah passion. Passion adalah gairah yang menggebu-gebu yang membuat Anda selalu semangat saat membicarakan bidang tersebut. Jika Anda memiliki passion dan keahlian di bidang yang Anda akan presentasikan, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memahami diri Anda dan audiens Anda. Kenalilah gaya presentasi yang paling sesuai dengan diri Anda. Ada beberapa orang yang lebih cocok dengan gaya yang santai, ada beberapa orang yang lebih suka dengan gaya serius. Temukanlah gaya presentasi yang sesuai dengan kepribadian Anda, carilah tokoh-tokoh pembicara yang dapat Anda jadikan inspirasi sehingga Anda dapat mengembangkan gaya presentasi Anda sendiri yang unik.Konten dari presentasi yang hebat, menurut buku ini, dikembangkan dari pemahaman kita akan audiens. Ya, penonton adalah aktor utama dalam sebuah presentasi yang kita sutradai. Merekalah yang kita ajak untuk memainkan peran dan menjalani proses transformasi. Oleh sebab itu, biasakanlah membuat konten yang sesuai dengan audiens Anda. Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan analisis audiens, yakni aspek demografis, aspek psikologis, dan aspek kontekstual. Aspek demografis meliputi pekerjaan, pendidikan, jabatan dan budaya mereka. Sedangkan apa masalah yang mereka hadapi adalah salah satu contoh aspek psikologis. Kemudian aspek kontekstual antara lain meliputi apakah audiens hadir secara sukarela atau karena kewajiban, tempat presentasi, kondisi ruangan, dan durasi yang diberikan.

2. Great Design Membuat desain slide presentasi yang hebat, bukan berarti Anda harus memiliki

latar belakang pendidikan desain komunikasi visual. Jika Anda memiliki skill tersebut, tentu lebih bagus lagi, namun jika Anda belajar mendesain presentasi secara otodidak sebagaimana sebagian besar presenter dalam dunia bisnis, maka ada beberapa prinsip yang perlu Anda jadikan pedoman dalam mendesain slide presentasi. Prinsip desain yang pertama adalah sederhana. Dalam membuat slide presentasi, ingatlah untuk selalu menjaganya tetap singkat dan sesingkat mungkin. Tantang diri Anda untuk meringkas 10 kalimat menjadi hanya 10 kata atau kurang dalam slide presentasi Anda. Semakin sederhana slide presentasi Anda, maka semakin kuat pesan yang akan tersampaikan.

Prinsip selanjutnya adalah visual. Isi slide presentasi yang Anda bawakan haruslah “memanjakan” indera pengelihatan dari audiens. Gunakan gambar-gambar yang berkualitas (tidak pecah), relevan (sesuai dengan kata-kata), dan proporsional (tidak melar atau gepeng). Selain itu mainkanlah kontras, yakni perbedaan yang mencolok antar tulisan dengan latar belakang, atau antar tulisan dengan perbedaan ukuran dan warna.

Ada cara sederhana dalam membuat suatu presentasi yang menarik dan membuat Anda mampu berkreasi dengan lebih kreatif, yakni dengan cara membuat desain storyboard terlebih dahulu. Caranya, cetak handout presentasi kosong, kemudian perbanyak beberapa kali. Lalu buatlah sketsa dengan pensil atau pena akan bagaimana slide presentasi Anda akan terlihat nantinya. Setelah itu cari gambar-gambar yang Anda butuhkan, dan mulailah berkreasi.

3. Great Delivery Dalam melakukan presentasi, hanya ada dua bagian yang memiliki peranan sangat

krusial untuk menentukan kesuksesan seorang presenter, yakni pada saat membuka presentasi dan menutup presentasi. Membuka presentasi dapat dilakukan dengan cara

menyampaikan kisah atau cerita, menggunakan kutipan, mengajukan pertanyaan, menunjukkan manfaat, menunjukkan data, atau menggunakan humor. Pembukaan presentasi yang baik sangatlah penting, karena rata-rata perhatian audiens berada pada level tertinggi pada saat 10 menit pertama presentasi Anda. Maka, gunakanlah pembukaan yang sesuai dengan kepribadian Anda, relevan dengan topik yang Anda bahas, dan tentunya tidak berlarut-larut karena dapat mengganggu penyampaian materi Anda yang lain.

Kemudian, setelah Anda selesai menyampaikan materi (biasakan untuk selesai 5 menit sebelum durasi waktu yang diberikan untuk Anda habis), Anda dapat membuat penutup yang berkesan dengan cara menyampaikan kesimpulan, menggunakan kutipan, menggunakan cerita, menyampaikan call to action, atau membuat pernyataan yang inspiratif. Buatlah kata-kata yang menjadi ciri khas Anda dalam menutup presentasi Anda dan teruslah berlatih, agar tingkat antusiasme Anda dapat mencapai level yang lebih signifikan dalam mempengaruhi antusiasme audiens pada presentasi yang Anda lakukan.

Itulah tiga hal pokok yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah Great Presentation. Begitu banyak yang bisa dipelajari dari buku ini sehingga Anda dapat mempraktekkan seluruh materi yang terkandung di dalamnya. Agar pemahaman Anda lebih kaya lagi, Anda dapat berdiskusi dengan sesama pembaca buku ini atau pun praktisi presentasi di sekitar Anda. Dalam hal ini, SLC MARKETING, INC. selalu siap melayani diskusi terkait cara melakukan presentasi kepada pelanggan baru, cara meningkatkan conversion rate melalui presentasi, dan teknik soft selling kelas dunia.

Resensi disadur dari : Rona Binham

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap