Facebook Tag Pixel

Hacking Your Mind

Oleh: Yovian Adriansyah
Business Analyst, Specialized In Market Intelligence
SLC MARKETING INC

Berbicara tentang revolusi mental maka sesungguhnya kita berbicara tentang bagaimana mengubah pola pikir kita (mindset). Dari negatif menjadi positif, dari reaktif menjadi proaktif, dari tidak kreatif menjadi kreatif, dari pemikiran yang naif menjadi kritis, dari fixed mindset menjadi growth mindset.

Di dalam buku ini terdiri dari topik-topik renungan yang dapat dibaca setiap harinya, yang diawali oleh sebuah cerita sehingga lebih mudah untuk ditangkap dan tidak membosankan. Buku ini bukanlah merupakan suatu buku renungan agama manapun, tetapi sebuah buku renungan untuk dapat meningkatkan kualitas mental seseorang.

Pada topik pertama buku ini membahas tentang rasa takut, dimana rasa takut ini dapat membuat seseorang gagal seperti contoh ketika kita berjalan di balok titian yang hanya berjarak 10 CM dari tanah kita tidak akan takut, tetapi lain jika kita berjalan diatas balok yang jaraknya beberapa meter dari tanah. Semakin tinggi jaraknya akan membuat kita sulit untuk melakukan eksekusi dengan baik dikarenakan oleh resiko ketika jatuh. Padahal kenyataannya tingkat kesulitannya tidak bertambah hanya jaraknya yang bertambah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yaitu dengan berlatih, because it makes perfect! Karena itu kita harus melatih skill-skill kita maupun mengasah skill baru yang dapat membuat kita lebih baik lagi.

Topik kedua adalah tentang revolusi atau evolusi. Kita sering mendengar kata-kata motivasi yang dapat membuat kita juga menjadi sangat termotivasi, bahwa kita memiliki banyak potensi asal kita mau berpikir positif. Tetapi justru masalah datang saat kita akan memulai mengimplementasikan hal tersebut, dikarenakan salah satu penyebabnya adalah rasa takut. Karena semakin tinggi motivasi kita semakin tinggi pula visi yang sebenarnya harus kita canangkan dan semakin jauh pula kesenjangan antara visi tersebut dengan realita kita sekarang.

Pada saat itu kita harus dapat melakukan sebuah perubahan baik revolusi atau evolusi, radikal atau bertahap. Oleh sebab itu kita harus berlatih untuk tidak menunda-nunda seperti pepatah yang mengatakan: think big, start small, act now. Dimulai dari melakukan langkah-langkah kecil dan sederhana mulailah dengan pertanyaan: tindakan sederhana apa yang dapat saya lakukan saat ini? Kecil dan sederhana sehingga tidak ada alasan lagi untuk menundanya.

Ada banyak hal lain yang masih dapat kita pelajari. Dari buku ini kita juga dapat semakin mengerti bahwa perbedaan mencolok antara pemenang dan pecundang adalah mentalitas sehingga pastikan anda memiliki mentalitas pemenang (Merry Riana).  

Resensi disadur dari: Galatia Chandra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap