Facebook Tag Pixel

Innovation:
the art of thinking outside the box

Written by: Gregorius satrio

Business Analyst, Specialized in People Development

Let’s START with a definition…

Innovation
(n).  /ˌinəˈvāSH(ə)n/

New idea, creative thoughts, new imaginations in form of device or method.
Wikipedia
Implemented creativity that is useful in solving problems.
Amabile, 1988; West, 2002

Kenapa harus inovasi?

Dalam dunia bisnis yang serba cepat berubah, inovasi adalah jalan untuk survive. Apalagi dalam bisnis yang bergantung pada tren, Innovation is the ONLY way to win the game. Bisa melalui diferensiasi produk maupun overall business model.

How can we be INNOVATIVE?

How human mind works…

Persepsi dipengaruhi oleh:

  • Budaya
  • Situasi
  • Pengetahuan
  • Harapan
  • Penilaian

(Linda; Davidoff, 1988)

Pada halaman sebelumnya telah dijelaskan secara singkat bagaimana manusia memproses keadaan external Stimulus, menjadi sebuah informasi yang bermaknaPerception. Dalam proses yang dinamakan decoding ini, pikiran manusia dipengaruhi oleh 5 factor yakni: Budaya, Situasi, Pengetahuan, Harapan, dan Penilaian.  Faktor – faktor inilah yang membentuk cara pandang kita mengenai suatu hal. Menurut ilmu psikologi ke-5 factor ini dapat menyebabkan fenomena yang disebut dengan “FUNCTIONAL FIXATION”.

Functional fixation adalah sebuah fenomena keterbatasan dalam persepsi, dimana orang berpikir tentang sesuatu hanya dalam fungsi tradisionalnyahanya 1 cara penggunaan yang benar, sehingga menghambat pemikiran baru untuk sesuatu tersebut dapat digunakan dengan cara yang baru.

Fenomena Functional Fixation menciptakan suatu Batasan mental (the “box”) yang tentunya akan sangat menghambat kemampuan sesorang untuk berinovasi – dimana dibutuhkan sebuah kerangka pemikiran baru diluar cara-cara lama, melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan.

Try out new things

Mencoba sesuatu yang baru dapat dipastikan mampu meminimalisir kemungkinan terjadinya functional fixation. Jadilah gila dalam berimajinasi, jangan takut untuk berbuat salah, buatlah aturan-aturan baru, lakukan hal-hal yang Anti-mainstream. JANGAN TAKUT UNTUK MENCOBA, JUST DO IT!

Ask more Questions

Bertanyalah! Dengan bertanya kita memperbesar kemungkinan untuk mendapat sudut pandang baru, pendapat baru. Sehingga memperluas cara pandang dan mencegah terjadinya Functional fixation.  

See the bigger picture

Fokuslah pada tujuan utama, jangan terpaku pada detail. Berfokus pada detail berarti mengurangi kemampuan kita untuk berpikir Lateral dan menimbang opsi yang tersedia. Studi menunjukkan bahwa ketika orang mencari inspirasi dari domain yang jauh, mereka menghasilkan lebih banyak solusi kreatif daripada hanya mencari domain yang terkait erat dengan representasi asli, non-abstrak masalah.

Be open minded

Memiliki pikiran yang terbuka merupakan hal yang penting, karena hal ini berkaitan erat dengan konsep utama functional fixation. Dengan pikiran yang terbuka kita dapat lebih mudah menerima konsep baru. Sehingga mampu memikirkan banyak alternative baru yang feasible.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap