Facebook Tag Pixel

Innovation

Oleh: Yovian Adriansyah
Business Analyst, Specialized In Market Intelligence
SLC MARKETING INC

Inovasi adalah tindakan untuk mengembangkan produk baru, jasa, atau proses berdasarkan sebuah ide baru. Akar kata berasal dari novus yang artinya baru. Karena itu inovasi adalah sesuatu yang baru. Berinovasi artinya untuk datang dengan sesuatu yang baru tidak hanya ide saja. Banyak orang yang memiliki ide untuk produk, jasa, bisnis, film, dan buku tetapi mereka gagal untuk membangun atau mengembangkan idenya.

Berbicara tentang inovasi tentu kita juga harus mengerti tentang inovator. Inovator adalah pemecah masalah, sedangkan inovasi adalah penyelesaian masalah. Di pasar ekonomi Anda dapat melakukan banyak hal dan mendapatkan banyak uang dengan memecahkan masalah.

Di dunia bisnis sendiri kebanyakan inovator datang dari individualisme, team, departemen. Inovator melingkupi:

  1. Entrepreneur, yang mendapatkan ide untuk produk, jasa, dan di satukan bersama dengan sumber daya yang di butuhkan untuk dibawa ke pasar.
  2. Pemasar dan pengiklan, yang menemukan atau membuat kebutuhan baru dan cara baru untuk mendapatkan perhatian dan kekuatan beli customer.
  3. Investor, yang melihat masalah yang dapat mereka selesaikan dengan imajinasi dan bahan yang ada atau, jika diperlukan dengan bahan yang mereka buat. Kelompok ini melingkupi semua orang mulai dari orang biasa hingga peneliti.
  4. R&D departements, dimana orang-orang bekerja dengan sumber daya perusahaan dan tekonologinya untuk menciptakan produk dan jasa baru untuk menjaga pelanggan yang sekarang dan mendapatkan pelanggan baru.

Jika Anda bekerja atau mau bekerja pada salah satu bidang di atas, Anda harus selalu siap untuk berinovasi setiap waktu. Setiap organisasi di industri manapun seperti jasa keuangan, kesehatan, manufaktur, hiburan, pendidikan, fashion, retail, travel, hospitality, pemerintahan, dan seni mereka membutuhkan inovator dan harus membayar mereka dengan harga pantas.

Lalu sebenarnya kapan sih orang-orang berinovasi?

  1. Ketika mereka mencoba untuk meningkatkan taraf hidup pelanggan
  2. Ketika mereka mencoba untuk memberikan solusi secara lengkap
  3. Ketika mereka berkata “ jika kita membuatnya, mereka akan membelinya”
  4. Menyadari tantangan produksi dan penjualan dari awal
  5. Menghindari penggunaan sumber daya yang bagus kepada ide yang buruk

Jadi, secara singkat inovasi adalah: 1) Sebuah produk, jasa, proses, pendekatan baru terhadap sebuah masalah. 2) Cara berpikir yang baru terhadap sesuatu.

Resensi disadur dari: Tom Gorman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap