Facebook Tag Pixel
SLC Marketing Logo 2024

MENGUASAI STATISTIK MULTIVARIAT

Oleh: Adi Kurniawan Yusup, S.E.

Senior Business Analyst, specialized in Marketing & Financial Metrics

SLC MARKETING, INC.

 

Dalam dunia riset, teknik analisis data menjadi sangat penting karena data yang sudah dikumpulkan tidak akan dapat memberikan hasil yang maksimal apabila tidak dianalisis secara tepat. Salah satu metode statistik yang cukup sering digunakan adalah statistik multivariat. Apa itu statistik multivariat? Statistik multivariat merupakan metode statistik yang dapat mempertimbangkan sekian banyak faktor untuk menjelaskan hbungan yang terjadi dalam sebuah fenomena sosial (atau alam) yang kompleks. Sebagai contoh dalam dunia bisnis. Pertumbuhan suatu bisnis bukan hanya disebabkan oleh satu faktor saja melainkan oleh banyak faktor, misalnya: minat konsumen, kualitas produk, harga, biaya promosi dan distribusi. Analisis ini dapat menggunakan statistik multivariat. Analisis ini berhubungan dengan semua teknik statistik yang secara simultan menganalisis sejumlah pengukuran pada individu atau objek.

Buku karangan Singgih Santoso ini menjelaskan secara jelas mengenai dasar-dasar statistika multivariat, jenis-jenisnya disertai dengan metode analisisnya sehingga memudahkan pembacanya untuk memahami konsep analisis ini. Pada bagian yang pertama, buku ini menjelaskan mengenai tipe-tipe data pada statistika multivariat. Tipe data tersebut antara lain: (1) data kualitatif yaitu data nominal dan ordinal dan (2) data kuantitatif yaitu data interval dan data rasio. Hubungan antar variabel sendiri juga dibagi menjadi 2 golongan yaitu:

  1. Interdependensi yaitu variabel-variabel tersebut tidak saling bergantung satu dengan yang lain dan semua variabel bersifat independen.
  2. Dependensi yaitu antar-variabel ada saling ketergantungan sehingga terdiri atas dua jenis variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen.

Lalu, tipe analisis apa sajakah dalam statistik multivariat dan tipe data yang bagaimanakah yang cocok untuk masing-masing analisis? Buku ini juga merangkumkan bagi para pembaca sehingga memudahkan kita untuk menganalisis sebuah data. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk tipe hubungan variabel interdependensi

Apabila obyek yang diproses adalah variabel, maka analisis yang digunakan adalah analisis factor. Sedangkan apabila yang diproses kasus/objek, maka analisis yang dapat digunakan adalah analisis cluster, MDS dan CA.

  1. Untuk tipe hubungan varibel dependensi
  • Apabila terdapat hanya satu variabel dependen. Analisis yang dapat digunakan adalah regresi berganda dan conjoint analysis (apabila tipe data variabel dependen adalah interval atau rasio) atau analisis diskriminan (apabila tipe data variabel dependen adalah ordinal atau rasio).
  • Apabila terdapat dua atau lebih variabel dependen, analisis yang dapat digunakan adalah analisis korelasi kanonikal (jika tipe data variabel independen adalah interval atau rasio) dan analisis MANOVA (jika tipe data variabel independen adalah nominal atau ordinal).
  • Apabila terdapat dua atau lebih variabel dependen dan hubungan bersifat kompleks di mana variabel dependen dapat menjadi independen untuk hubungan lainnya, maka dapat menggunakan SEM (structural equation modeling).

Apa penjelasan untuk masing-masing teknik analisis data di atas? Anda dapat langsung membaca buku MENGUASAI STATISTIK MULTIVARIAT oleh SINGGIH SANTOSO untuk lebih lengkapnya. Keep STUPID!

Share Via:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
Banner Vertical 600x840 Podcast

Artikel Lainnya:

Motivasi Tim Sales di Era Digital – Strategi Cerdas Bisnis Keluarga di Era Modern

Freelancing vs Permanent Job: Mana Lebih Menguntungkan?

Bisnis Keluarga Menggebrak Era Digital