Facebook Tag Pixel
SLC Marketing Logo 2024

Missing : The Right Target Market (Middle Economy Market)

Sebenarnya apa itu TARGET MARKET? Sekelompok konsumen atau organisasi yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan perusahaan

ERROR yang Kerap Kali Terjadi
“Semua orang adalah target market kami.”Jika Anda menjual kepada “semua orang”, lalu bagaimana Anda bisa menentukan target pasar Anda?

Riset yang dilakukan kurang tepat (kurangtepat sasaran danpertanyaan yang diajukan kurang tepat). Menentukan Target Market dengan asumsi pribadi dan tidak berdasarkan data apapun.

Status Sosial Ekonomi Berdasarkan Pekerjaan dan Tingkat Sosial

Sebenarnya apa itu Low Economy Market?
Asian Development Bank (2010), mendefinisikan kelas menengah di Indonesia sebagai orang dengan pengeluaran sebesar US$2-20 per hari. Dengan besaran tersebut, persentase kelas menengah di Indonesia mencapai 46,58% atau sebanyak 102,7 juta jiwa. Kelas menengah Indonesia didefinisikan sebagai orang yang pengeluaran setiap bulannya Rp1,2 juta-6 juta. Bank Dunia mengatakan jumlah kelas menengah di Indonesia setidaknya mencapai 52 juta orang, atau 1 dari 5 orang Indonesia.

Kesalahan yang umumnya terjadi dalam menghadapi Kelas Ekonomi Menengah
“Menetapkan Harga yang Terlalu Mahal” >> “Memberikan fitur produk yang tidak terlalu dibutuhkan”

Mengapa Target Market yang Benar itu Penting?Cara Menentukan Target Market yang Tepat
1. Target Market menentukan Strategy Pemasaran
2. Target Market menentukan Pricing Strategy
3. Target Market menentukan Promosi
– Melakukan research atau survey dengan
pertanyaan yang tepat sasaran
– Memilih Target Market yang Spesifik

Melakukan research atau survey dengan pertanyaan yang tepat sasaran
Memilih pertanyaan-pertanyaan yang sesuai tujuan dan tepat sasaran. Hindari menggunakan pertanyaan yang ambigu dan tidak berkaitan dengan keperluan data yang dibutuhkan yang ditakutkan justru membuat responden menjadi bingung dan memberikan jawaban yang tidak sesuai.

Memilih Target Market yang Spesifik

  • Segmentasi Demografi
    Segmentasi demografik merupakan hal yang paling mendasar dan terpenting dalam pembuatan target market. Adapun pengelompokkan demografik berdasarkan pada jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan.
  • Segmentasi Geografik
    Segmentasi ini merupakan pengelompokkan target market berdasarkan lokasi atau wilayah. Adapun hal-hal yang mendasarinya antara lain lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi & wilayah.
  • Segmentasi Psikologi
    Dalam segmentasi ini, kamu akan membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup. Segmentasi ini dibagi menjadi masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan dan sebagainya.

Terimakasih sudah membaca whitepaper kami terkait “Missing : The Right Target Market (Middle Economy Market)”. Masih banyak judul & kategori lain seputar dunia marketing yang bisa Anda akses di website kami. Mau konsultasi lebih lanjut secara free? Anda bisa menghubungi kami di http://wa.me/6287854234504

Sukses bersama SLC MARKETING, INC.

Share Via:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
Banner Vertical 600x840 Podcast

Artikel Lainnya:

Motivasi Tim Sales di Era Digital – Strategi Cerdas Bisnis Keluarga di Era Modern

Freelancing vs Permanent Job: Mana Lebih Menguntungkan?

Bisnis Keluarga Menggebrak Era Digital