Oleh: Gregorius Satrio
Business Analyst, Specialized in People Development
SLC MARKETING, INC.

Dalam edisi kali ini saya akan mengangkat sebuah buku yang secara umum dikenal sebagai buku ajar disebuah universitas di Slovenia. Tapi sedikit yang tahu bahwa buku ini sebenarnya adalah buku yang ditulis untuk mengenalkan dunia Organizational Behavior kepada orang awam. Buku ini pertama kali diluncurkan ke publik di tahun 2010 dan karena kepopulerannya di dunia management, buku ini banyak disarankan oleh praktisi-praktisi (sekelas manager/business owner) di Slovenia ketika memberi seminar ke public maupun institusi Pendidikan (universitas). Di tahun 2012, University of Ljubljana Slovenia mengajukan permohonan agar buku ini digunakan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah yang sama dengan nama buku ini, Organizational Behavior.

Buku ini dapat dikatakan sebagai buku yang tipis bila ditinjau dari cangkupan keseluruhan topik yang dibahas. Walaupun tipis, buku setebal 288 halaman ini mampu mencangkup hampir seluruh aspek dalam bahasan organizational behavior. Hebatnya lagi, buku ini mampu menjelaskan beberapa konsep dan teori perilaku organisasi dengan singkat dan Bahasa yang mudah dipahami. Walaupun harus diakui bahwa buku ini hanya membahas bagian ‘kulit’-nya saja, sehingga banyak detil yang seharusnya dapat dikupas secara lebih mendalam, pun contoh contoh yang diberikan hanyalah sebatas analogi untuk mempermudah pemahaman dalam membaca buku ini. Namun sekali lagi, perlu diingat bahwa ini adalah buku pengantar organizational Behavior yang sifatnya hanya mengenalkan dunia organizational behavior pada mahasiswa/professional muda.

Mengenai inti materi, buku ini memiliki 6 bab utama yang mencangkup: konsep dasar organizational behavior, tipe-tipe organisasi, micro/macro-organizational behavior, meso-organizational, dan yang terahkir international organization behavior & globalization.

 

Resensi disadur dari: Stefan Ivanko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
WhatsApp chat
Share via
Copy link
Powered by Social Snap