Facebook Tag Pixel
SLC Marketing Logo 2024

Positive Business Ideas

Oleh: Gregorius Satrio

Business Analyst, Specialized in People Development

SLC MARKETING, INC.

Di era globalisasi ini, dimana seluruh bagian dunia dapat terkoneksi dan berinteraksi dalam waktu yang amat singkat dan dengan cara yang amat efisien, semuanya terjadi atas kehadiran dari Internet. Hal ini menimbulkan sebuah perubahan yang cukup drastis dan dapat dikata sebagai radikal pada cara kita melakukan kegiatan sehari-hari. Perubahan tersebut akan terasa pada bisnis dan perusahaan, terutama pada bisnis kecil/micro (UMKM). Untuk menyikapi perubahan-perubahan dari globalisasi dan segala konsekuensi yang dibawanya serta tetap eksis alias survive, sebuah bisnis perlu melalukan perubahan yang membawa bisnis tersebut ke arah yang lebih menguntungkan atau ke arah yang posistif.

Buku Positive Business yang ditulis oleh James Gwee ini merupakan buku yang pas untuk dibaca ketika bisnis yang dimiliki sedang mengalami surut dalam kinerja atau performa. Pada bagian awal dari buku ini, James Gwee mengajarkan bahwa perubahan akan terjadi ketika kita merubah bagaimana cara kita melakukan hal tersebut, terutama bagaimana cara kita melihat / memandang sebuah situasi. Perubahan-perubahan ini harus diawali oleh tindakan seorang pemimpin, dan karakter utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin menurut James Gwee adalah Visioner. Apabila pemimpin tidak memiliki visi yang jelas, dia bukanlah pemimpin yang baik, bagaimana ia dapat memimpin kalau ia sendiri tidak tahu harus kemana?

Selanjutnya, James Gwee memaparkan sebuah ilustrasi yang cukup mudah dimengerti tentang sebuah pepatah tua yang mungkin familiar dengan Mr. Krabs (salah satu tokoh dalam kartun SpongeBob) “Waktu adalah Uang” James Gwee, menggambarkan apabila kita menilai waktu kita seperti kita menilai waktu kita dalam sebuah taksi ber-argo (memberi nilai waktu dengan uang secara real) kita akan dapat lebih jauh mengahargai waktu, karena pada dasarnya kita akan merasa eman atau sayang akan uang yang terbuang seiring kita membuang waktu.

Untuk menghindari waktu kita terbuang sia-sia, terutama dalam konteks bisnis, James Gwee memberikan tips-n-trick untuk mendelegasikan tugas yang sekiranya dapat diwakilkan kepada orang lain sehingga kita dapat memfokuskan diri untuk melakukan tugas utama kita. Pada akhirnya kita dapat mengerti bagaimana cara untuk memprioritaskan kegiatan dan bekerja secara efektif dan efisien.

Demikianlah rangkuman dari beberapa tips yang dibagikan oleh James Gwee agar dapat membawa sebuah bisnis kearah yang lebih positif dan dapat tetap eksis dalam dunia bisnis yang sengit di era Globalisasi ini.

Resensi disadur dari: James Gwee

Share Via:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
Banner Vertical 600x840 Podcast

Artikel Lainnya:

Motivasi Tim Sales di Era Digital – Strategi Cerdas Bisnis Keluarga di Era Modern

Freelancing vs Permanent Job: Mana Lebih Menguntungkan?

Bisnis Keluarga Menggebrak Era Digital