Facebook Tag Pixel

Seberapa Yakin Konsumen pada Brand Anda?

Oleh: Adi Kurniawan Yusup, S.E.

Senior Business Analyst, specialized in Marketing & Financial Metrics

SLC MARKETING, INC.

 

Seberapa terkenalkah produk Anda? Seberapa yakinkah Anda bahwa produk Anda adalah produk yang benar-benar dicari oleh konsumen? Seberapa bergunakah produk Anda bagi konsumen? Marketing metrics terkait AAU akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Apa itu AAU? AAU adalah Awareness, Attitude, Usage. Penghitungan metrics ini bertujuan agar marketer dapat menguantifikasikan level dan tren terkait pengetahuan konsumen, persepsi, keyakinan, intensi dan perilaku konsumen. Penghitungan AAU ini akan sangat bermanfaat apabila data yang diperoleh perusahan dapat dibandingkan dengan data milik kompetitor lain dari beberapa periode sebelumnya untuk mengetahui perkembangan yang terjadi.

Penghitungan metrics AAU ini sangat berkaitan dengan Hierarchy of Effects. Apa itu hierarchy of effect?  Hierarchy of effect adalah kisah perjalanan customer, dari belum mengenal suatu brand hingga memutuskan untuk membeli dan terus loyal membeli brand tersebut, seperti tampak pada gambar berikut ini.

Hierarchy of Effect

Melalui penghitungan metrics AAU, perusahaan diharapkan memiliki data terkait perilaku konsumen untuk memutuskan membeli produk. Lalu, bagaimana perusahaan dapat memperoleh data tersebut? Perusahaan dapat memperoleh data-data tersebut melalui survey dari konsumen dalam jumlah yang besar. AUU juga menjelaskan hubungan pelanggan dengan produk atau merek seperti apakah konsumen yang mau terima saat suatu jenis produk ditawarkan, siapakah konsumen yang menolak produk yang ditawarkan, berapa kali penggunaan produk. Pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya akan digunakan untuk merumuskan sejumlah metriks. Beberapa pengukuran dan pertanyaan terkait adalah sebagai berikut:

 

Tipe Pengukuran Contoh Tipe Pertanyaan
Awareness Awareness dan Knowlegde Apakah Anda mengetahui adanya brand “A”?
Attitude Persepsi dan keyakinan Apakah brand tersebut ditujukan untuk saya? Apa kelebihan dan kekurangan dari brand tersebut?
Usage Kebiasaan beli dan loyalitas Brand apa yang terakhir dibeli? Apakah Anda menggunakan brand “A” minggu ini?

 

Pertanyaannya adalah penghitungan apa sajakah yang tergolong dalam metrics AAU ini? Beberapa metriks utama dalam masing-masing variabel AAU yang dapat digunakan yaitu:

Awareness Attitude Usage
Awareness:

Persentase responden yang mengetahui tentang brand tersebut dibandingkan dengan keseluruhan responden

Attitudes/Liking/Image:

Tingkat persetujuan dari skala likert 1 hingga 5 terkait apakah brand tersebut sesuai untuk mereka.

Purchase frequency and number of purchase:

Banyak responden membeli brand tersebut dan kuantitas pembelian tiap pembelian.

Top of Mind:

Persentase pelanggan yang menyebut pertama kali suatu nama brand tertentu dibandingkan dengan keseluruhan responden.

Perceived Value for Money:

Tingkat persetujuan skala likert dari 1 hingga 5 terkait apakah dari segi harga, brand tersebut sudah memberikan nilai yang sesuai bagi mereka

 

Lalu, bagaimanakah dengan implementasi AAU dalam bisnis Anda? Analisis segera untuk perkembangan bisnis Anda! Tim konsultan SLC MARKETING, INC. siap membantu Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap