Facebook Tag Pixel

The Mindset of 100 Successful Billionaires

Oleh
Yovian Adriansyah
Business analyst, Specialized In Market Intelligence
SLC Marketing INC

Perjuangan adalah Kata yang sangat melekat pada kehidupan Bapak Frans Budi Pranata. Perjuangan yang Beliau tempuh sedari kecil membuat Beliau menjadi sosok yang tangguh. Ketidakmampuan beliau membuatnya menjadi sosok yang lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam setiap situasi.

Beliau terlahir dari keluarga yang secara ekonomi pas-pasan atau bahkan kurang, dimana banyak pengalaman yang membuat Beliau minder sewaktu masih kanak-kanak dan remaja, tetapi rasa minder tersebut berkurang ketika memasuki dunia perkuliahan. Beliau menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia. Seiring berjalannya waktu beliau juga menyadari bahwa kemampuan untuk berelasi dan berkomunikasi juga merupakan salah satu hal terpenting di dalam hidup karena menjadi pintar secara otak saja tidaklah cukup, setelah itu karir Beliau yang sangat baik karena pernah bergabung di perushaan-perusahaan besar disebabkan oleh kepribadian beliau yang tidak pernah menyerah serta motto hidup “Winners never quit. Quitters never win”.

Selain Bapak Frans Budi Pranata, masih ada Billionair-billionair sukses lainnya yang diulas di dalam buku ini seperti Andri Wongso, Agoeng Widyatmoko, Andreas Pasolympia.

Andri Wongso

Beliau merupakan seorang motivator nomor 1 di Indonesia, terlahir dalam sebuah keluarga sederhana di Kota Malang. Beliau pernah mempelajari Ilmu beladiri Kungfu, dan dari situlah Beliau belajar banyak hal seperti pengendalian diri, tanggung jawab, kemauan, disiplin, sifat ksatria dan bagaimana menetapkan untuk menang. Beliau juga pernah berperan sebagai aktor film laga di Hongkong, dan disana lah ujian mental pertama beliau yang berat dimulai ada banyak pergolakan dalam pikiran Beliau yang sempat membuat bimbang walau pada akhirnya beliau dapat mencapai cita-citanya yaitu menjadi bintang film.

Dari perjuangan yang telah beliau alami kesemua hal tersebut terkristalisasi dalam filosofi yang disebut “Success is my right, Sukses adalah hak saya, hak Anda, dan hak siapa saja yang menyadari, menginginkan, dan memperjuangkan dengan sepenuh hati! ” ada 3 hal yang dapat diambil dari pengalaman beliau yaitu:

  1. Manusia pasti bisa mengubah nasibnya dengan kerja keras dan usaha mati-matian.
  2. Saat meyakini impian, hati, pikiran, ucapan, dan tindakan harus jadi satu.
  3. Jangan pernah menyerah.

Agoeng Widyatmoko

Beliau adalah Founder PT. Dapur Kreatif Indonesia sebuah perusahaan jasa penulisan yang telah banyak membantu klien membuat buku personal branding, pengembangan content website, hingga membuat annual report ASEAN yang menjadi materi kajian yang dihadiri oleh Presiden Amerika Barack Obama. Beliau adalah seorang yang percaya dengan hukum sebab-akibat, apa yang terjadi pasti ada penyebabnya. Dan penyebab inilah yang harus dicari. Beliau juga percaya bahwa rezeki tak pernah tertukar seperti yang Beliau alami yaitu ketika kantor tempat ia bekerja memenangkan tender pembuatan majalah tetapi Beliau tidak mendapatkan fee, beberapa saat kemudian Beliau mendaptkan undangan tur keliling “overland” mewah Jawa dan Bali.

Maka jika saat ini Anda mendapat rezeki, baik yang bersifat positif maupun negatif, inilah sikap yang perlu kita lakukan sebagai refleksi:

  1. Tanyakan pada diri anda apakah Anda telah memberikan yang terbaik atau belum
  2. Evaluasi diri, saat mendapat amanah apakah sudah dijalankan dengan maksimal atau belum.

Andreas Pasolympia

Beliau merupakan seorang trainer dan pakar di bidang pengembangan diri dan komunikasi. Sewaktu kecil, Beliau telah lahir dengan divonis mati karena mengidap virus toksoplasma dimana hal tersebut membuatnya memiliki kelainan mata dan gerak motorik terganggu yang juga berakibat Beliau tumbuh dengan terbelakang. Seperti tidak cukup dengan kondisi tersebut Beliau juga masih harus mengalami bullying dan banyak luka batin. Hari demi hari berlalu, cerita demi cerita pun datang dan pergi. Beliaupun ingin berbagi kunci inti dari cerita Beliau dalam menghadapi kehidupan

  1. Penderitaan perlu untuk menyadarkan bahwa penderitaan tidak diperlukan, ketenangan muncul saat kita mengizinkan diri kita untuk melepaskan pikiran-pikiran, gagasan-gagasan dalam benak kita. Hening sejenak dan menyadari nafas Anda dengan menarik dan menghembuskan nafas.
  2. Setelah tenang kita juga harus menyadar bahwa tidak hanya kita sendiri yang mengalami petualangan-petualangan di hidup ini dengan memahami hal tersebut dapat membuat kita menjadi lebih welas asih dan dapat menciptakan sebuah komunikasi yang lebih ajaib.
  3. Tanyakan selalu pertanyaan legendaris ini sebelum tidur, “apa arti dari kehidupan? Apa tujuanku tercipta di dunia ini?” dan izinkan semesta menjawabnya karena pertanyaan yang benar membawa pada keajaiban kehidupan.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari kisah sukses orang-orang di dunia tetapi ada satu kunci pasti yang selalu dilakukan oleh setiap orang sukses yaitu: pantang menyerah, karena sikap pantang menyerah mereka ketika menghadapi tantanganlah yang menjadikan mereka seperti sekarang ini.

Resensi disadur dari: Timoteus Talip, Amelia Hirawan, Rizkyta Ananda Putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap