Facebook Tag Pixel

Truth Business – Bisnis Kursus Bahasa Inggris Rumahan

Bisnis Kursus Bahasa Inggris Rumahan

 

Ibu Sinta di Surabaya,

Pertanyaan:
Saya ibu rumah tangga yang dahulu sebelum menikah pernah berkarier di sebuah perusahaan asing. Bahasa inggris saya sangat fasih, namun sayang sekarang sehari-hari hanya di rumah untuk mengasuh anak. Untuk menambah penghasilan suami, saya berencana membuat kursus Bahasa Inggris rumahan. Mohon bantu berikan tips bisnis. Terimakasih.

 

Jawaban:

Ibu Sinta di Surabaya. Bisnis bimbingan belajar atau kursus bahasa khususnya untuk kursus bahasa Inggris sangat dibutuhkan saat ini karena semakin banyak orangtua yang mengharapkan anaknya cemerlang alias mendapat nilai tinggi di sekolah terutama dalam beberapa mata pelajaran tertentu seperti bahasa Inggris. Terlebih sekarang ini banyak orangtua yang merasa tidak cukup menyekolahkan anaknya di sekolah saja. Sehabis jam sekolah anaknya diikutkan kursus, dan kegiatan ekstra lainnya.

Untuk bisnis kursus bahasa Inggris, imej atau citra memang sangat penting. Biasanya orangtua atau si anak akan mencari tempat kursus bahasa Inggris yang sudah ternama, populer atau direkomendasikan diantara teman-teman, atau yang terbukti mampu membuat prestasi akademik meroket. Untuk itu ditahap awal adalah membangun nama kursus bahasa Inggris Anda. Ada beberapa cara di sini. Kalau mau cepat tentu Anda bisa membeli nama kursus bahasa Inggris terkenal, izin buka dan operasional dari kursus bahasa Inggris ternama. Inilah yang disebut franchise atau waralaba. Namun, sayangnya sistem waralaba ini membutuhkan modal untuk memulai yang cukup besar termasuk membeli izinnya. Belum lagi ada sistem bagi hasil atau royalti yang harus diberikan ke pemilik waralaba (franchisor).

Jika Anda tidak mau menggelontorkan dana terlalu besar dengan sistem waralaba dan mau membangun imej sendiri, bisa memulainya sendiri dari nol. Lalu bagaimana caranya untuk mengangkat imej kursus bahasa Inggris supaya banyak peminatnya? Anda perlu menunjukkan bukti kalau kursus bahasa Inggris Anda memiliki nilai lebih sehingga meyakinkan bisa membuat prestasi akademik menonjol. Ini bisa dilakukan dengan memakai kurikulum yang terkini, atau menonjolkan kalau Anda misalnya mantan karyawan professional yang pernah bekerja di perusahaan asing dan sangat fasih berbahasa Inggris.

Anda harus rajin membangun promosi di awal-awal buka. Ini bisa dilakukan dengan memasang papan nama, spanduk, umbul-umbul, dan menyebar brosur yang menarik secara rutin di kawasan perumahan atau sekolah-sekolah sekitar. Anda bisa bekerja sama dengan sekolah atau kalau mungkin guru-guru di sekolah. Tujuannya supaya pihak sekolah atau guru mau merekomendasikan bimbingan belajar di tempat Anda. Kerja sama ini bisa beragam bentuknya mulai dari kurikulum, latihan soal dll.

Kursus bahasa Inggris Anda bisa menawarkan program “Coba Gratis 1x”. ini layaknya sampel yang dibagikan secara gratis. Bisa ditulis dalam spanduk supaya banyak anak mencoba sekali. Tujuannya kalau setelah mencoba sekali merasa cocok, si anak tentu akan tertarik untuk memakainya terus. Tawarkan program pendaftaran yang menarik jika dalam bentuk kelompok. Tujuannya supaya anak yang satu mengajak temannya yang lain. Misalnya kalau yang mendaftar sekaligus dalam kelompok terdiri dari 3 anak dapat harga khusus atau diskon. Kalau mendaftarnya sekaligus 5 anak diskonnya lebih besar. Nah, jadinya satu anak akan mengajak anak yang lain, jadi Anda cepat mendapat pelanggan.

Lakukan komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth). Ini cara pemasaran yang ampuh. Komunikasi yang menyebar dari mulut ke mulut bisa terjadi kalau kursus bahasa Inggris Anda memiliki metode yang luar biasa sehingga siswa bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Atau, kalau anak yang mencoba merasakan nilai lebih yang luar biasa, misal merasa sangat nyaman dalam belajar sehingga cerita ke teman-temannya.

Anda perlu memanfaatkan internet untuk pemasaran kursus bahasa Inggris. Masuklah ke facebook atau grup-grup anak sekolah lalu tawarkan solusi belajar ke mereka. Anda bisa kerja sama dengan media massa seperti surat kabar atau tabloid untuk peliputan. Tawarkan mereka untuk meliput keunikan atau nilai lebih kursus bahasa Inggris yang Anda miliki. Diferensiasi atau nilai lebih memang harus ada supaya pihak media massa mau meliput dan membuat tulisan tentang kursus bahasa Inggris Anda. Kalau berhasil masuk ke media massa tentu membuat populer dan menaikkan imej kursus bahasa Inggrisnya. Selamat mencoba. Keep STUPID, Tuhan Yesus memberkati bisnis Kita!

Konsultasi Bisnis ini diasuh oleh:

Dr. Sandy Wahyudi (DSW)

Pakar & Praktisi Marketing dan Inovasi

Consultant, Trainer, Coach, Writer, Speaker

Business Development Director SLC MARKETING, INC.

 

Jika Anda ingin bertanya-jawab melalui rubrik konsultasi bisnis ini, Anda dapat mengirimkan email ke: sandy@slcmarketinginc.com ; atau chat ke WA: 081.7379.377 ; atau pin BB: 7A10F212

STUPID artinya “Always keep learning”, sebuah singkatan dari judul buku kami yang berjudul STUPID Marketing (S = Searching Opportunity ; T = Theoretical Research ; U = Utilize Idea ; P = Penetrate Market ; I = Incredible Result ; D = Do Review)

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap