Facebook Tag Pixel

Oleh:
Yovian Adriansyah
Business Analyst, Specialized In Market Intelligent
SLC Marketing, INC

5 Tips Untuk Menambah Kepuasan Pelanggan

Dalam dunia bisnis tidak peduli dalam bidang apapun itu kepuasan pelanggan adalah hal utama yang harus kita perhatikan. Mengapa hal tersebut penting? Karena hal tersebut bertujuan untuk membuat mereka menjadi loyal kepada kita. Nah ayo kita bahas satu-satu tips-tips yang bisa kita lakukan.

Picture1

  1. Berikan Nilai Lebih Ke Pelanggan

Picture2
Picture3

Nilai lebih yang di maksud adalah Anda dapat memberikan diskon atau perlakuan yang sedikit spesial kepada pelanggan potensial yang Anda miliki, selain diskon Anda bisa memberikan hadiah pada saat customer Anda ulang tahun ataupun sekedar memberikan ucapan selamat untuk menunjukkan bahwa Anda peduli pada mereka.

2. Menjaga Kualitas

Picture4

Tidakkah Anda heran mengapa mcDonald dimanapun Anda makan memiliki rasa yang sama? Ya, itu karena mereka menjaga kualitas mereka. Nah, oleh sebab itu jika Anda mempunyai bisnis apapun itu Anda harus menjaga kualitas yang Anda miliki jangan sampai jika Anda memiliki beberapa cabang qualitasnya berbeda-beda di tiap cabang. Anda harus memiliki standard minimal untuk produk maupun jasa Anda.

Untuk menjaga qualitas Anda harus memiliki QC untuk bisnis suatu produk dan juga training dan standard kerja yang dapat di berikan untuk produk jasa.Contohnya untuk gojek adanya standard untuk mengenakan jaket dan helm gojek dan juga plat nomor yang sesuai dengan yang di daftarkan.

Picture5

3. Jaga Integritas

Integritas adalah hal nomor 1 untuk membuat pelanggan percaya kepada Anda, sangat baik bila Anda ingin memuaskan pelanggan Anda tetapi penting juga untuk mengetahui batas kemampuan dari perusahaan atau bisnis Anda.

Picture7
Picture6

Jangan pernah ragu untuk berkata tidak bila Anda tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan Anda. Jika Anda memaksa mengatakan “YES” tetapi tidak dapat memenuhinya maka pelanggan akan kehilangan kepercayaan.

4. Menjadi “Teman”

Sudah tidak jamannya Anda hanya menganggap customer Anda sebagai kantong uang berjalan saja, saat ini Anda harus memperlakukan customer tidak hanya sebagai raja saja tetapi juga sebagai teman Anda hal ini juga bertujuan agar kita bisa menjadi dekat dan terjalin hubungan yang lebih dalam. Malah akan lebih bagus bila mereka juga curhat kepada Anda karena hal tersebut menunjukkan Anda telah mendapat kepercayaan mereka

Picture8

5. Akui Kesalahan

Picture9

Sebagai Manusia tentu terkadang kita dapat melakukan kesalahan, jika seandainya kita melakukan kesalahan terlebih kepada pelanggan jangan pernah ragu untuk mengakuinya dan meminta maaf bila perlu anda juga harus memberikan kompensasi atas kesalahan yang Anda perbuat sebagai bentuk penyesalan dengan begitu customer Anda juga akan merasa lebih di hargai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap