Facebook Tag Pixel

STUPID Marketing

Oleh:

EXECUTIVE NEWSLETTER Edisi 97/VI/2015

Cover STUPID Marketing

 

“A Market is never saturated with a good product, but it is a very quickly saturated with a bad one”

~Henry Ford~

 

Kata “STUPID” yang terdapat dalam judul dan isi buku ini bukan memiliki arti kata sesungguhnya, karena kata “STUPID” yang dimaksud dalam buku ini berupa formula yang dibutuhkan oleh seorang marketer agar dapat berubah, berevolusi dan bertransformasi menjadi seorang marketer masa depan yang kreatif dan inovatif.

Buku ini terdiri dari delapan chapter dan terdapat tabel scorecard sebagai tool measurement. Diawali

  • Chapter 1: Being Stupid is Awesome, menjelaskan 2 jenis marketer yaitu conventional marketer dan stupid marketer. Terdapat pula panduan yang harus dilakukan untuk menjadi seorang stupid marketer.
  • Chapter 2: Searching Opportunity tentang peluang yang pada umumnya lebih dekat pada orang-orang yang anti-mainstream. Menjelaskan bagaimana cara mendapatkan peluang dan kemudian mengidentifikasikan peluang.
  • Chapter 3: Theoretical Research membahas perbedaan Conventional Marketers dan Stupid Marketers.
  • Chapter 4: Utilize Idea pada conventional marketer. Menjelaskan tingkatan ide bagi marketer. Kebanyakan orang takut bergerak cepat mau menerapkan ide karena menganggap bahwa idenya belum sempurna. Pada stupid marketer justru sebaliknya, ide itu tidak ada batasan dengan berani melakukan dan selalu melakukan improvement
  • Chapter 5: Penetrate Market menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan penetrasi ke pasar. Pertama pastikan bahwa produk ataupun jasa sudah layak jual dari segi kualitas dan harga hingga bisa diterima oleh pasar.
  • Chapter 6: Incredible Result memaparkan mana yang lebih penting proses atau hasil? Memenangkan hati pelanggan jauh lebih utama daripada memenangkan dompet mereka untuk membeli produk/jasa kita. Terdapat juga table scorecard yang bisa menjadi acuan indikator pelanggan (table customer metric).
  • Chapter 7: Do review mengingatkan kembali kepada pembaca bahwa untuk semua kegiatan marketing harus dilakukan review. Dijelaskan juga bagaimana cara melakukan review secara holistik dan berkesinambungan sehingga berdampak pada perusahaan secara keseluruhan.
  • Chapter 8: Stupid Marketing The Beginning merupakan bagian terakhir dari buku ini, didedikasikan oleh penulis khusus untuk awal dari dimulainya stupid marketing dan mengkristalkan hasil pembelajaran dari setiap elemen stupid yang ada di buku ini. Diharapkan setelah selesai membaca maka Anda akan berubah menjadi seorang “Stupid Marketing” – seorang marketer yang dibutuhkan masa depan seperti harapan penulis.

Buku ini bermanfaat bagi yang ingin mengetahui lebih banyak hal tentang marketing, baik bagi pemula maupun yang telah lama berkecimpung dalam dunia marketing. Buku ini menjadi lengkap karena pada tiap chapter dilengkapi dengan table score card yang membantu pembaca melakukan evaluasi pengukuran atas kinerja marketing yang pernah atau sudah dilakukan selama ini. Meskipun banyak menggunakan istilah marketing tapi dalam penjelasannya sangat mudah dipahami.

Identitas Buku

Judul buku : Keberuntungan, Kisah Seorang “STUPID” Developer Memulai Bisnis Dari NOL

Penulis :

  • Sandy Wahyudi
  • Avila Carlo
  • Evan Linando
  • Marvin Ade

Cetakan            : I, 2015

Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama

Halaman           : xxvi + 162 halaman

ISBN                 :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Share via
Copy link
Powered by Social Snap